Pengertian Pipa HDPE dan Fungsi Pipa HDPE

Mesin Las Pipa HDPE dengan Tuas Pemutar Manual
Mesin Las Pipa HDPE : Mengenal Part dan Cara Kerja
June 15, 2022
9
Pengaplikasian Sistem Pipa HDPE
June 23, 2022

Pengertian Pipa HDPE dan Fungsi Pipa HDPE

Untitled design

Pengertian Pipa HDPE

Pipa HDPE merupakan sistem perpipaan dengan karakteristik istimewa dan terpercaya untuk aplikasi air minum karena terbuat dari bahan Polyethylene (PE). Bahan pipa tersebut membuat kualitas pipa memiliki tingkat keretakan sangat rendah dan dapat bertahan dalam kurun waktu yang sangat lama (50 Tahun). Sistem penyambungan bisa dengan Fusion Welded Joints (Butt Fusion & Electro Fusion) dan Mechanical Compression Joints. Itulah sekilas pengertian tentang pipa HDPE. Berikut ini kami informasikan secara lengkap tentang fungsi, pengaplikasiannya, kelebihannya, dan harganya untuk Anda.

Pipa HDPE

Pipa HDPE berasal dari material thermoplastic yang akan mengalami pengurangan kekuatan pada saat ada peningkatan temperatur. Tekanan kerja maksimum untuk pipa HDPE adalah 20oC, diatas 20oC akan mengakibatkan pengurangan tekanan kerja maksimum atau life time. Sistem pipa HDPE tidak boleh dioperasikan diatas suhu 60oC.

Pipa HDPE juga unggul dalam sistem penyambunganya yaitu dengan metode butt fusion. Sistem penyambungan ini membutuhkan mesin sambung khusus dan perhitungan detail sesuai dengan diameter dan ketebalan pipa yang akan menghasilkan sambungan antar pipa yang bersenyawa dengan kekuatan yang sama seperti badan pipa dan tidak akan terlepas meskipun terkena benturan pada sambunganya. Dengan kelebihannya inilah pipa HDPE dipilih sebagai jaringan induk pipa air bersih dari mata air yang terletak di daerah pegunungan dengan kontur tanah bebatuan yang curam.

Pipa HDPE juga sebagai solusi perpipaan pada daerah yang rawan gempa, longsor dan tanah yang labil karena sambungan pipa HDPE yang tidak dapat terlepas maka pipa HDPE sangat aman digunakan pada kondisi daerah tersebut. Selain itu ada juga sistem penyambungan dengan mechanical compression joints untuk pipa dengan diameter 20 mm sampai dengan diameter 63 mm dan menggunakan sistem electro fusion untuk penyambungan repairing.

Di Indonesia sendiri penggunaan pipa HDPE sudah sangat banyak, terutama digunakan oleh PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum). PDAM memilih pipa HDPE karena kualitas yang baik dan lebih unggul dibandingkan dengan pipa PVC (polyvynil chloride) biasa.

Fungsi Pipa HDPE

Setelah Anda mengetahui tentang pengertian pipa HDPE, pastinya Anda juga memiliki pertanyaan terkait fungsi utama dari pipa HDPE ini. Pipa HDPE atau disebut dengan High Density Poly Ethylene adalah pipa dari bahan polyethylene dengan kualitas tinggi. Pipa yang dikenal dengan nama pipa PE-100 ini sering digunakan untuk konstruksi bangunan maupun pipa untuk kebutuhan infrastruktur air bersih baik pada proyek pemerintah maupun swasta. Jenis pipa HDPE dirancang untuk saluran distribusi air serta kebutuhan industri, pertanian, dan perkebunan.

Dengan karakteristik istimewa, memungkinkan pipa ini digunakan dalam kondisi yang bervariasi untuk mengalirkan air seperti pada jaringan pipa bawah air, untuk relining jaringan pipa drainase & air minum, maupun pemasangan pipa di daerah sulit (genangan air, rawa-rawa, daerah rawan gempa, daerah labil, dan sebagainya).

Leave a Reply

Your email address will not be published.